Thursday, May 31, 2012

Serunya Menanam Pohon di Buluh Hawar

Minggu 27 Mei 2012 kemarin aku dan temen-temen satu gereja aku melakukan aksi sosial penanaman pohon di Buluh Hawar, sebenarnya aksi sosial ini merupakan program kerja muda-mudi (Permata) gereja kami, awalnya kami tidak kepikiran untuk melakukan penanaman pohon disana, namun setelah teman kami melakukan survey lokasi disana, sang Pendeta menginginkan agar kami melakukan beberapa penanaman pohon disana.
Awalnya kami bingung, dari mana kami bisa memperoleh bibit pohon, apalagi bibit pohon itu kan bisa dibilang sedikit mahal, namun hal tersebut bisa kami atasi, kami bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Khususnya Dinas Kehutanan, mereka memberikan 2000 bibit (berbagai jenis pohon) untuk ditanamkan di Buluh Hawar.
O iya mungkin kalian bertanya emang apa sih Buluh Hawar itu, Okay biar aku jelasin Buluh Hawar itu adalah tempat pertama kali Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di dirikan pada tahun 1890, dari sinilah awal mula perjalanan GBKP, karena belum banyak dari muda-mudi Gereja kami yang belum pernah kesana, maka kami memutuskan untuk melakukan aksi sosial disana.
Kerjasama kami dengan Dinas Kehutanan Deli Serdang
Perjalanan menuju Buluh Hawar tak seindah yang aku bayangkan, ternyata jalan menuju kesana rusak, banyak lubang, becek, menanjak, terjal, saya juga prihatin kenapa jalannya tidak pernah di perbaiki.
Jalan yang berlubang
Sesampainya disana kami melakukan kebaktian minggu disana bersama jemaat GBKP di Buluh Hawar, disamping gereja terlihat gereja GBKP yang pertama kali didirikan, kami juga sempat mengambil foto di Gereja GBKP tersebut.
Gereja GBKP yang pertama sekali didirikan
Selesai kebaktian kami makan siang terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan Refleksi oleh Pdt Kharisma Barus, S.Th.
Bernyanyi dan bergembira bersama Permata Buluh Hawar
Selesai refleksi kami pun memulai kegiatan penanaman pohon, teman-teman Permata yang lain sangat bersemangat melakukan kegiatan ini, walaupun pada waktu itu Hujan, namun semangat teman-teman Permata masih membara untuk mengikuti kegiatan ini.
Yuk tanam pohonnya
Aku juga tak mau ketinggalan untuk menanam pohon, dengan adanya aksi sosial ini aku menjadi semakin sadar pentingnya pohon dalam kehidupan kita, Pohon menghasilkan oksigen dan manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas, bayangkan jika pohon yang ada di Bumi ini semakin sedikit, tentunya kita juga gak bisa bernafas dong, oleh karena itu aku juga mau mengingatkan pada pembaca di blog ini agar selalu menjaga lingkungan.
Diriku yang tak mau ketinggalan
Tanpa terasa waktu sudah menunjukan jam 5 Sore dan kami pun memutuskan untuk menyudahi Aksi sosial ini, mudah-mudahan 5 tahun mendatang pohon yang kami tanam di Buluh Hawar sudah tumbuh tinggi, sampai disini ya Post aku kali ini nantikan post aku selanjutnya :).

2 comments:

  1. Asyiiik go green ya Badia.. \(>o<)/

    #eh
    tapi itu Lubuk Hawarnya di mana itu?
    Keterangannya kurang lengkap, buat daku yang bukan asli Medan tak tau lah itu di mana...
    *krik... kriiik...

    ReplyDelete
  2. @chichi buluh hawar lho
    bukan lubuk hawar
    lokasinya dekat sibolangit
    ntar ada tugu di sebelah kiri bertuliskan selamat datang di buluh hawar
    ntar dari situ ikuti aja jalannya
    lumayan jauh juga sih kedalam
    by the way chi-chi orang mana ?

    ReplyDelete