Wednesday, February 13, 2013

Dari mana sih asal usul hari kasih sayang a.k.a Valentine itu ?

14 Februari dikenal sebagai hari kasih sayang atau lebih dikenal dengan hari Valentine, pada tanggal 14 februari inilah banyak tradisi yang dilakukan oleh orang diseluruh dunia, mulai dari menyatakan perasaannya kepada pasangan mereka, memberikan coklat kepada pasangannya, hingga saling bertukaran kado kepada pasangan.
Tapi dari mana sih asal usul hari kasih sayang a.k.a Valentine itu ?, sebenarnya ada 3 versi asal usul hari kasih sayang ataupun valentine ini namun disini badia akan mengambil satu versi yang badia pikir lebih bisa diterima oleh logika kita.
Valentine adalah seorang pasteur yang tinggal di Roma pada abad ke III, pada masa itu Roma di pimpin oleh Raja Klaudius yang kejam saat itu juga Roma mengalami masa perang yang besar, oleh karena itu Raja Klaudius membutuhkan pasukan dalam jumlah banyak sehingga dia mengeluarkan peraturan wajib militer kepada semua pria di Roma.
Namun peraturan ini tidak dipatuhi oleh sebagian pria dengan alasan mereka berat meninggalkan anak, istri mereka, ataupun bagi pria yang belum menikah mereka juga berat meninggalkan sang kekasih, mengetahui hal tersebut Raja Klaudius mengeluarkan perintah larangan menikah agar Pria tidak memiliki ikatan bathin dengan kekasihnya.
Dengan latar belakang tersebut St Valentine melakukan perlawanan dia menikahkan setiap pasangan yang saling mencintai, dengan cara menikahkan pasangan tersebut di Chapel-chapel kecil yang tersembunyi dan hanya diterangi dengan cahaya lilin-lilin (So Sweettt).
Tak lama Raja Klaudius pun mengetahui berita tersebut dan menangkap St Valentine kemudian memberikan hukuman mati, meskipun sudah berada didalam penjara banyak orang yang tetap mengunjungi St Valentine, ada yang membawakan bunga dan surat, mereka yang datang ingat dengan kebaikan St Valentine.
Ada seorang anak gadis kecil seorang anak sipir penjara yang selalu mengunjungi St Valentine dan memberinya semangat, sebelum tanggal 14 Februari hari dimana St Valentine akan dipancung dia mengirimkan surat kepada gadis kecil itu dengan isi "Dengan Cinta dari Valentine-mu".
Dan sejak saat itu semua orang di dunia saling mengirim pesan cinta pada saat tanggal 14 Februari dan dikenal juga dengan hari Valentine.
Di hari valentine pula banyak orang yang mulai berburu coklat untuk diberikan kepada pasangannya, ada yang pergi kepantai dan menuliskan nama dia dan pasangannya disecarik kertas kemudian memasukannya kedalam botol dan melemparkannya kelaut, banyak pasangan yang memiliki caranya sendiri untuk merayakan hari kasih sayang ini.
Namun ada juga beberapa orang yang Anti Valentine karna dianggap tidak sesuai dengan kebudayaannya, kalau menurut badia sendiri itu terserah pribadi masing-masing seperti yang sudah badia katakan diatas setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk menunjukan kasih sayangnya kepada pasangannya.
Sebelum badia mengakhiri postingan ini badia mau bilang "Katakan Cinta pada orang yang kamu sayangi sebelum dia diambil oleh orang lain" keren.

0 comments:

Post a Comment