Monday, February 4, 2013

Menemukan Jodoh dari Tuhan


Soal jodoh memang rada-rada sensitif. Sifatnya pribadi banget. Mencari jodoh memang gampang-gampang susah. Kelihatannya mudah, tapi ketika dijalani kok nggak seperti yang dibayangkan.
Mencari dan mendapatkan jodoh memang perlu banyak pertimbangan. Jodohkan sekali untuk seumur hidup atau sekali saja dalam hidup ini, kecuali salah satu dipanggil Tuhan. Tapi ternyata nggak banyak orang punya prinsip ini. Buktinya malah ada perceraian di mana-mana. Kalau udah gini, siapa yang salah ? Kita yang salah atau Tuhan yang keliru memberi.
Tuhan nggak pernah keliru, apalagi salah dalam merancang segala sesuatu. Mungkin selama ini kita hanya berjalan menurut pengertian sendiri tanpa melibatkan Tuhan. Kita ngotot bahwa pilihan kita yang terbaik. Padahal kita nggak tahu yang akan terjadi.

Mengapa kita harus melibatkan Tuhan dalam soal jodoh ?
Karena kita adalah ciptaan-Nya dan Dia punya rencana besar dalam hidup kita. Bila kita ingin meraih hidup yang maksimal, kita harus mempraktikkannya dalam hidup ini. Kita butuh pimpinan-Nya menemukan jodoh kita. Jangan sampai salah memilih !

Apa aja kriteria jodoh dari Tuhan ?
Ada dua hal yang dapat kita jadikan tuntunan dalam memilih jodoh :

1. Seiman
Hal ini mutlak. Kenapa harus seiman ? Karena banyak hal harus dipertimbangkan untuk kedepannya, misalnya anak-anak nanti mau ikut kepercayaan siapa ?

2. Seimbang
Sifatnya nggak mutlak, tapi jangan diremehkan. Kita perlu memerhatikan latar belakang pasangan kita seperti  suku, keluarga, pendidikan, dll. Seimbang berarti kita bisa sejalan dan bisa saling menerima perbedaan-perbedaan yang ada sehingga perbedaan bukan lagi jadi penghalang, tapi justru untuk saling melengkapi.

Cara mencari jodoh yang dari Tuhan
1. Seimbang dan seiman.
2. Membangun pergaulan yang sehat, jangan kemana-mana berdua aja. Bergaullah juga dengan orang-orang disekitar kita.
3. Dalam pergaulan tersebut, kita bisa melihat sifat-sifatnya. Sifat seseorang yang sebenarnya bakal kelihatan saat bergaul bareng-bareng, Tapi bila berduaan aja, wah kebanyakan sih malah banyak kepura-puraannya.
4. Berdoa meminta pimpinan Tuhan. Mintalah agar Tuhan membuka jalan lewat saudara, teman, orangtua, dll.

Kenapa harus susah-susah cari jodoh ? Bukankah jodoh nggak lari ke mana ?
Betul ! kalau jodoh,  ya pasti ketemu. Masing-masing orang kan punya cara berbeda-beda saat ketemu dengan jodohnya. Ada yang baru ketemu, tapi udah merasa sreg. Ada yang dijodohin atau ada juga yang ketemuannya lewat chatting di Internet dan ternyata cocok.
Memang kalau jodoh nggak akan lari kemana-mana, tapi kalau berprinsip, "Pokoknya percaya deh kalau jodoh itu dari Tuhan. Semuanya pasti beres dan nggak usah lagi repot-repot. Yakin kok jodoh itu pasti bakal lewat di depan mata waktu valentine nanti. Pokoknya kalau dia pake baju unik, matanya bulat, alis tebal, bibir seksi, wah itu pasti jodohku." Gimana kalau dia nggak lewat-lewat ? bisa juga sebenarnya udah lewat, tapi kita yang nggak ngerti-ngerti . Gimana bisa ngerti, kalau kita sendiri nggak ada usaha ? Kapan Jadiannya?
Tuhan memang udah menyediakan jodoh untuk setiap orang, tapi kalau kita nggak berbuat sesuatu, ya mana ketemu ? ! kalau udah jadian, kita juga harus tetep berusaha membangun hubungan itu agar bisa tetap berjalan dan nggak membosankan. Kita harus belajar membangun sikap dan saling mengerti. Kalau nggak mau susah, ya mau gimana lagi ? nanti malah ujung-ujungnya perang terus.

Kenapa kita harus dengar suara Tuhan untuk dapetin jodoh ? Gimana agar bisa dengar suara-Nya ? Memangnya salah kalau dengar suara sendiri ?
Memilih pasangan hidup itu nggak seperti beli baju di pasar. Jangan seperti ngambil kucing dalam karung, yang kita nggak tahu keadaanya. Kita butuh tuntunan Tuhan agar kita nggak salah memilih.
Dengerin suara Tuhan memang butuh kepekaan. Kita harus membangun hubungan yang akrab sama Tuhan. Jangan keburu akrab dulu sama dukun dan jampi-jampi. Kalau seperti itu, gimana dengar suara Tuhan ? Jangan-jangan malah suara setan kali ?
Kita harus melatih diri untuk taat dan disiplin kepada Tuhan. Belajar melibatkan Dia dalam segala kehidupan kita karena Tuhan senang sama orang yang mau care akan isi hati-Nya. Dia pasti akan melatih kepekaan kita agar bisa mendengar suara-Nya. Soal salah atau nggaknya dengar suara sendiri, ya kembali lagi ke masing-masing orang.
Tuhan kan kasi kebebasan kepada setiap orang untuk menentukan. Kalau kita punya kepekaan akan suara Tuhan, pasti Dia juga akan menguatkan suara hati kita untuk menentukan pasangan kita. Tapi jangan waktu jatuh cinta aja baru deket sama Tuhan. wah, kalau gitu Tuhan bisa geleng-geleng kepala ngeliat kita dan berkata, "Ada-ada aja orang ini. Ke mana aja selama ini ? Waktu butuh aja baru muncul." Jangan seperti itu, Tuhan juga bisa sedih lho.

Gimana mengetahui kalau seseorang menyukai kita ?
Biasanya bila seseorang menyukai kita, gerak-geriknya bisa terbaca, tapi kadang ada yang nggak begitu tampak. Entah mereka jaga image atau kita aja yang nggak connect sama sinyal-sinyalnya, kalau ada yang suka sama kita, bisa aja dia jodoh dari Tuhan untuk kita, tapi belum tentu juga.

Sinyal dari cowok kalau menyukai cewek yang ditaksirnya
1. Suka perhatian, misalnya memuji yang cewek itu lakukan, walaupun sebenernya biasa-biasa aja. Suka titip salam nonstop dan ngucapin, "Met Hari Minggu." Cari perhatian ke adik si cewek supaya dapat dukungan. Suka Missed Call dan SMS Malem-malem.
2. Jaga penampilan. Biasanya cowok yang pengen cari perhatian ke cewek tuh lebih rapi daripada biasanya. Ya supaya dilihat sang target.
3. Sikap cowok kalau suka sama cewek biasanya akan berubah, misalnya jadi baiiikkk bangetttt.. suka senyum dan rajin. Nggak suka paduan suara, tapi karena target disitu, sekalian ikut deh.
4. Suka curi-curi pandang. kalau kepergok, langsung salah tingkah dan senyum-senyum nggak jelas.
5. Suka nawarin bantuan, "Pokoknya kalau ada apa-apa dengan komputer atau motormu, SMS aku aja, aku selalu siap sedia." Semoga aja dia nggak lupa. ini salah satu cara dia menarik perhatianmu.
6. Dia suka nyanyi lagu cinta kalau kamu lewat depan dia.

Sinyal dari cewek kalau menyukai cowok yang ditaksirnya
1. Biasanya kalau cewek berhadapan dengan cowok yang disukainya, dia cenderung jadi lebih pemalu dan agak grogi kalau ngomong.
2. Jadi ceria, suka dandan, dan rajin nulis di buku hariannya.
3. Kalau dia mengizinkanmu datang ke tempatnya, itu tandanya dia bisa menerimamu karena cewek tuh akan menggunakan banyak alasan kalau mau menghindar bila nggak ingin dikunjungi. Kalau dia selalu menolak ajakanmu, jangan ngotot lagi, Itu berarti dia nggak suka kamu datang.
4. Dia menerima salam dan mengirim balik salammu, Dia juga selalu balas SMS-mu.
5. Dia akan mencari alasan menyibukkan diri dibelakang kalau temen-temennya nimbrung bareng cowok itu. kalau diajak rame-rame, dia akan menolak sambil senyum malu-malu tapi mau.

0 comments:

Post a Comment