Thursday, March 21, 2013

Antara Pesta Danau Toba dan Festival Teluk Jailolo


"Tulisan ini diikutkan dalam "Jailolo, I'm Coming!" Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo".
Indonesia kaya akan suku dan budayanya, tiap - tiap daerah punya tradisinya masing-masing katakanlah Suku Batak, setiap tahunnya di Danau Toba selalu diselenggarakan yang namanya Pesta Danau Toba, acaranya digelar di kota Parapat dan disemarakan dengan kegiatan parade budaya dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara, arak-arakan dan penyalaan api obor Pesta Danau Toba, festival alat musik khas budaya Sumatera Utara, pameran, atraksi hiburan dengan menampilkan beberapa artis dari Ibu kota Jakarta, dan lomba olahraga. Salah satu lomba yang digelar adalah lomba solu atau perahu tradisional khas Batak. Tujuan diselenggarakannya acara Pesta Danau Toba sendiri adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal serta menggerakkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.
Setiap tahunnya banyak masyarakat Sumatera Utara (tidak hanya suku batak saja) yang datang untuk melihat acara pesta danau toba ini, dengan demikian wawasan masyarakat Sumatera Utara tentang tradisi batak pun bertambah, sehingga kelak tradisi tersebut bisa diberikan kepada anak cucu kita.
Lain tradisi di Sumatera Utara maka lain juga tradisi di Maluku Utara, badia sendiri baru tahu ternyata di Maluku Utara sendiri setiap tahunnya juga ada Festival yang dinamakan dengan Festival Teluk Jailolo, FYI teluk jailolo itu terletak di Pulau Halmahera penduduk setempat menamakannya dengan nama Jailolo, tak berbeda jauh dengan Pesta Danau Toba di Jailolo sendiri setiap tahunnya juga mengadakan acara tahunan yang dinamakan Festival Teluk Jailolo.
Indahnya view lautan jailolo
Yang paling uniknya lagi semua komunitas budaya di Pulau Jailolo dan sekitarnya ikut berpartisipasi, Festival ini melibatkan ratusan penduduk Halmahera Barat yang terdiri dari anak-anak sekolah, nelayan, dan petani.
Pengunjung yang nantinya hadir akan disuguhi beragam pagelaran menarik seperti: Cakalele, Soya-soya, Legu Sarai, musik Yanger, Tataruba, Sara Dabi-dabi, Horum Sasadu, serta acara kuliner kolosal yang mengundang semua pengunjung untuk makan bersama, wah pasti sangat meriah sekali nih acaranya belum lagi keindahan alam bawah lautnya yang sangat jernih, badia jadi pengen merasakan feel dari Festival Teluk Jailolo ini akan seperti apa ya ?, kalau diliat-liat foto pemandangannya di Internet sih kayaknya seru banget, apalagi ngeliat keindahan bawah lautnya hmm seru banget.
Bersnorkling di laut jailolo
Kalau nanti badia bisa pergi ke Festival Teluk Jailolo badia bakalan memperkenalkan budaya batak dengan cara menggunakan kain ulos batak sewaktu menghadiri pamerannya, dan badia akan menyerukan di Social Media milik badia sendiri untuk menjaga dan melestarikan Terumbu Karang di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment