Monday, December 9, 2013

International Youth Action Day for Climate Justice 2013 in Siantar

Para Peserta Aksi Lingkungan Hidup
Hello akhirnya badia bisa memulai postingan yang baru lagi, jadi kemarin badia ikutan kegiatan Muda-mudi Gereja untuk melakukan kegiatan Aksi Lingkungan Hidup di Siantar, teman-teman masih ingat tidak dengan kegiatan sosial penanaman pohon di Klasis  Lau Baleng Tahun lalu ? kalau belum klik di sini ya.
Tahun 2013 ini badia juga ikutan kegiatan yang sama seperti tahun lalu, namun di tahun 2013 ini muda-mudi gereja kami a.k.a PERMATA GBKP bekerja sama dengan Pemuda GKPS Siantar membersihkan jalanan serta pasar tradisional Siantar dari tumpukan sampah-sampah.
Kegiatan ini rutin ini diselenggarakan setiap tanggal 7 Desember 2013, sekedar informasi bukan hanya di Siantar saja lho yang mengadakan aksi sosial ini, tapi Pemuda-pemudi di seluruh dunia juga ikut mengambil bagian untuk membersihkan kota mereka masing-masing.
Badia in Action dan cuma aku yang pake baju berwarna yang lain putih semua
Acara dimulai dengan acara pembukaan yang berlangsung di Kantor Pusat GKPS Siantar, yang dihadiri oleh Ephorus GKPS Pdt, Dr Jaharianson Saragih, peresmian acara ditandai dengan pemasangan tong sampah oleh Pdt Dr Jaharianson Saragih di kantor GKPS setelah acara pembukaan dan peresmian ini selesai barulah PERMATA GBKP dan Pemuda GKPS terjun ke lapangan, tempat pertama yang dituju adalah Pajak Parluasan.
Dengan menggenakan baju putih dan topi putih PERMATA GBKP dan Pemuda GKPS membersihkan sampah-sampah yang berserakan di Pajak Parluasan, walaupun kondisi pajak becek dan kotor namun tidak mematahkan semangat para peserta untuk melakukan kegiatan sosial ini.
Walaupun kegiatan ini adalah kegiatan sosial Gereja namun Dinas Kebersihan kota Siantar juga turut membantu kelancaran kegiatan ini. Dinas Kebersihan kota Siantar mengerahkan 3 unit Mobil Pick Up yang digunakan untuk mengangkut sampah serta mobil itu juga digunakan untuk membawa para peserta dari kantor GKPS menuju Pajak Parluasan.
Semangat !

Tidak berhenti di Pajak Parluasan saja, tetapi peserta juga membersihkan sisi jalan disekitar Pajak Parluasan, dengan menggunakan sapu lidi peserta menyapu sisi jalan Pajak Parluasan, Setelah selesai peserta beristirahat sebentar di pinggir jalan, lalu kemudian Peserta diajak untuk memasang tong sampah di beberapa titik seperti di depan Rumah Sakit Umum Siantar, di depan Museum Siantar, di Pajak Parluasan, dan Kantor klasis GBKP Siantar, sisanya akan di distribusikan ke GKPS dan GBKP.
Jam sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB, peserta pun diajak berkumpul untuk menyantap makan siang, setelah itu peserta di ajak berkumpul lagi di Kantor GKPS Siantar, kira-kira Panitia mau kasi kejutan apa ya sama peserta ?, Hmmm sesampainya di Kantor GKPS Siantar, ternyata panitia membuat acara Community Building, disitu peserta diajak berkenalan antara satu dengan yang lain. Acara perkenalan itu juga diselingi dengan beberapa Games seru yang membuat para peserta semakin akrab.
Games Community Building

Games Community Building
Diakhir kegiatan Panitia meminta salah satu peserta untuk memberikan Kesan dan Pesan mengenai kegiatan yang telah berlangsung ini, Salah satu peserta bernama Teguh memberikan Kesan dan Pesannya dia mengatakan kegiatan seperti ini bagus namun sedikit kecewa lantaran Hujan di pagi hari mengguyur kota Siantar sehingga kegiatan membersihkan kota Siantar menjadi sedikit terlambat dari jadwal, Teguh juga berharap kedepannya kegiatan ini bisa dilakukan di Danau Toba dimana Danau Toba dipenuhi eceng gondok.
Setelah meminta kesan dan pesan peserta panitia memberikan waktu kepada Ketua Panitia Abdi Andar Saragih untuk memberikan satu atau dua patah kata, Beliau mengatakan Terima Kasih kepada PERMATA GBKP Pusat telah mengajak Pemuda GKPS untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan sosial seperti ini, Beliau juga berharap kebersamaan antar Pemuda GKPS dan PERMATA GBKP tidak hanya berakhir pada acara ini saja, melainkan Pemuda GKPS dan PERMATA GBKP selalu menjalin kerja sama walaupun dalam keadaan suka maupun duka, akhir kata bang Abdi mengatakan kalau kegiatan ini sebenarnya bukan untuk ditiru melainkan untuk dilanjutkan.
Cheerrss
International Youth Action Day for Climate Justice merupakan kegiatan rutin tahunan PERMATA GBKP Pusat dan bekerja sama dengan UEM, kegiatan ini bertujuan untuk menyelamatkan iklim di bumi, buat Permata di seluruh Indonesia mari kita jaga bumi tempat kita tinggal dengan menjaga kebersihan saja sudah termasuk ke dalam kategori menyelamatkan bumi kita dari perubahan iklim, dari perubahan yang kecil membawa pengaruh yang besar.
Sampai disini dulu ya postingan badia kali ini, sampai jumpa di postingan lainnya :)

0 comments:

Post a Comment