Sunday, June 1, 2014

Apa itu Bitcoin ?

Halo pembaca setia blog badia, kali ini badia mau buat postingan tentang salah satu hal yang lagi panas, nggak panas-panas kali sih tapi yang pastinya informasi yang akan badia bagikan kali ini akan sangat bermanfaat buat kalian.

Beberapa waktu yang lalu beberapa dari kalian mungkin sudah mendengar istilah Bitcoin, nah apa sih sebenarnya Bitcoin itu ?, Bitcoin adalah mata uang yang tidak diatur oleh negara manapun atau bisa dikatakan kalau Bitcoin adalah mata uang digital pertama yang terdesentralisasi, Bitcoin adalah uang digital yang bisa dikirim melalui internet tanpa melalui Bank ataupun lembaga kliring.
Dengan melakukan transaksi menggunakan Bitcoin maka teman-teman tidak perlu membayar biaya transfer layaknya mengirim uang antar bank, Dalam transaksi Bitcoin, tidak ada nomor kartu kredit yang bisa dikumpulkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan Bitcoin dimungkinkan melakukan transaksi anonim alias tanpa mengungkapkan identitas Anda sama sekali. Di dompet Bitcoin tidak ada nama pemilik atau informasi apapun yang bisa diketahui oleh merchant ataupun orang lain. Hal ini sangat berbeda dengan transaksi online konvensional seperti transfer bank yang membutuhkan nama lengkap dan identitas pendukung.
Sekarang teman-teman dapat menggunakan Bitcoin di Negara mana saja, Bitcoin dapat ditransfer dari Indonesia ke Kanada dalam 10 menit. Tidak ada bank yang memperlambat prosesnya, tidak ada biaya yang mahal, tidak ada pembekuan dana, tidak akan ada yang bertanya dari mana uang berasal dan apa tujuan transaksi. Dengan menggunakan Bitcoin, transfer lintas benua sama mudahnya seperti melakukan transaksi dengan tetangga sebelah.
Transaksi Bitcoin diamankan oleh kriptografi tingkat militer. Tidak seorang pun yang bisa menggunakan uang Anda atau melakukan pembayaran atas nama Anda. Selama Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi dompet Anda, Bitcoin dapat memberikan Anda kendali penuh atas uang Anda dan tingkat proteksi yang kuat terhadap banyak jenis penipuan.
Anda tidak perlu pergi ke mana-mana untuk melakukan transaksi Bitcoin. Asalkan ada internet, Anda bisa menggunakan tablet, handphone atau komputer untuk transfer ke mana saja di dunia ini. Bitcoin juga tidak mengenal hari libur atau cuti bersama. Mau jam berapa saja, hari apa saja transaksi dapat dilakukan.
Bitcoin mengubah dunia finansial sama seperti web yang mengubah dunia informasi, dengan Bitcoin semua orang dapat berpartisipasi dalam market global, menciptakan inovasi baru dalam pemerataan ekonomi dan kesejahteraan.
Tapi walaupun begitu badia masih rada-rada terkejut melihat harga Bitcoin yang sampai ke angka Rp 6jt-an, buset mahal bener ya tapi masih sebatas itu sih yang badia tau mengenai Bitcoin, untuk lebih jelasnya silahkan teman-teman liat video di bawah ini.

0 comments:

Post a Comment