Monday, September 15, 2014

Malam Apresiasi Film Indonesia 2014 di Istana Maimun

Halo pembaca setia blog badia, kali ini badia mau share acara Apresiasi Film Indonesia 2014 yang kemarin diadain di kota Medan, yup jarang lho event-event besar diadakan di kota Medan, dan kali ini Apresiasi Film Indonesia 2014 atau #AFI2014 berlokasi dimedan.

Kemarin juga badia udah tulis potingan mengenai Workshop Apresiasi Film Indonesia di Hermes XXI, dan seperti yang dijanjikan oleh panitia #AFI2014 kalau acara puncaknya itu diadakan tanggal 13 September 2014, namun pada tanggal 12 September 2014 ada juga acara pawai bareng artis lho, namun karena kesibukan Badia nggak bisa ikutan pawai :'(, tapi nggak apa-apa Badia masih bisa datang lho ke acara puncak #AFI2014.
Sabtu 13 September 2014 jam 18.00 WIB Badia pun tiba didepan Istana Maimun Badia belum bisa masuk lantaran Invitation punyaku masih dipegang sama temenku, nah kebetulan temenku ini sudah ada didalam dan dia adalah salah satu Organizer dan oleh karena itu badia bisa turut berpartisipasi di #AFI2014. Keamanannya super ketat banget, ya biasalah Artis-artis dari Jakarta kan harus dijaga keamanannya.
Nonton film Jadul yukkk
FYI film Butet merupakan salah satu karya sineas dari Medan
Tak lama akhirnya temenku pun muncul didepan pagar dan memberikan Invitationnya dan Badia akhirnya bisa memasuki Istana Maimun, yang badia lihat pertama kali disana adalah sebuah stand yang bertajuk Kaleidoskop film di Indonesia, sontak saja badia langsung masuk dan ingin melihat perjalanan panjang film di Indonesia, pengunjung dibuat seolah-olah memasuki sebuah ruang waktu, tidak hanya itu saja para pengunjung juga diberikan tontonan film klasik Indonesia, dan kebetulan sipemilik film klasik itu tak lain dan tak bukan adalah salah satu pembicara di Workshop Apresiasi Film Indonesia di Hermes XXI kemarin yup dia adalah @danieldokter. tak lama berselang hujan pun turun dengan derasnya, air hujan pun merembes memasuki stand beberapa panitia terlihat panik, jam menunjukkan jam 18:30 (kira-kira jam segitu badia lupa jam berapa) di Invitation ditulis Makan Bersama dilakukan jam 18:00 namun lantaran hujan deras tak ada tanda-tanda makan bersama, dan yang paling gawatnya set panggung yang sudah di tata rapi menjadi basah kuyup, kru TVRI sepertinya kewalahan dengan hujan deras yang terjadi disaat-saat yang tidak diharapkan.
Berkisar sekitar 15 - 20 Menit kemudian hujan pun mulai berhenti, perutku pun mulai lapar *JogetAlaIklanCoklat, dinginnya cuaca saat itu memang membuat lapar dan tanpa pikir panjang aku pun mengajak temanku untuk memasuki Istana Maimun dan makan disana, disela-sela jalan menuju ke Istana kami melihat mini bus yang masuk, dan didalam mini bus itu ada beberapa artis yang datang sebagai pengisi acara #AFI2014.

Namanya juga artis ya sudah pasti dong datang dengan fasilitas wah dan dipayungi lagi padahal hujan cuma rintik-rintik kecil dan jarak mini bus yang berhenti itu menuju Istana hanya sekitar 20 langkah saja, dan ada satu aktor yang membuat aku terkesima dan dia adalah Fachri Albar, Oh My Gosh dari SMP aku menonton sinetron Malinkundang yang diperankan oleh beliau namun baru kali ini Badia bisa melihatnya secara langsung dan sumpah dia ganteng banget !!!, tinggi lagi, padahal kalau dilihat di TV dia biasa-biasa aja lho, tapi ketika ngeliat langsung Oh My Gosh !!! berbanding terbalik dengan yang di TV.
Fachir Albar yeahh hahahaha
Ok kita tinggalin si Fachri Albar dengan segala kegantengannya, tujuan Badia tadi kan cuma satu yaitu mau mengisi perut dulu, walaupun sebenarnya didalam hati pengen foto bareng artis-artis yang lain sih hahahaha. Banyak makanan yang telah disediakan oleh panitia dan saking banyaknya badia bingung, namun kebingungan itu hilang tatkala Badia melihat Fachri Albar lagi, dia memilih makanan Sate Padang, tanpa pikir panjang aku pun ikut-ikutan deh ngambil Sate Padang juga sambil menyapa dan terjadilah beberapa conversation singkat antara aku (A) dan Fachri Albar (F)
A: halo mas Fachri
F : Halo
A: Kapan mas nyampek di medan ?
F : Baru kemarin, eh 2 hari yang lalu, 
Kemudian si Fachri Albar minta kuah sate padangnya dibanyakin, dan you know what ?, parfumnya si Fachri Albar itu wangi banget !!!, sampai-sampai mau aku tanyain pake parfum apa sih mas wangi banget ?, eh eniwei aku kok jadi lebay gini ya ngebahas si Fachri Albar ?, okay ini yang terakhir dari si Fachri Albar setelah aku selesai makan sate aku dengan cepat meminta foto bareng dia dan you know what ? fotonya blur yang ngambil bego banget sih, tapi ya udah lah mari kita tinggalkan si Fachri Albar.
Karena masih banyak menu makanan di dalam Istana, aku pun mencoba banyak menu makanan, mulai dari Sate Kambing, Sate Ayam, Nasi, kue bika, serabi, Nasi Soto, Mie Rebus, pokoknya banyak banget, tapi sayang perutku udah penuh duluan padahal masih pengen banget mencicipi makanan yang lainnya. 
Mari kita tinggalkan makanan sekarang mari kita berfoto bareng Artis, ada beberapa Artis dan Aktor yang datang dan cuma beberapa Artis dan Aktor yang ingin Badia dokumentasikan, diantaranya adalah 

1. Riri Riza, sutradara yang satu ini suka banget mondar mandir susah banget menemukannya, pas lagi ketemu dan minta foto beliau bilang maaf saya lagi Interview Oh My Gosh aku langsung syok !, eh udah gitu batre kamera aku malah habis :'( dan aku malah minta bantuan sama @danieldokter untuk pake kamera di hpnya, eh tau-tau malah mas Riri nya belum selesai Interview, pas selesai interview eh malah menghilang, setelah dicari-cari eh malah nggak ketemu, dan sambil mengatur setting-an kamera biar bisa dipake akhirnya berhasil kameraku pun bisa dipakai kembali walaupun batrenya sekarat, ku kelilingin Istana sambil nyari mas Riri Riza dan akhirnya ketemu dan kami pun berfoto selfie :).
2. Raline Shah, Oh My Gosh cewek yang bermain di film 5 cm ini begitu cantik !, menggunakan pakaian muslim berwarna merah serta kerudung merahnya yang sangat-sangat pas di tubuhnya melengkapi kecantikannya, foto sama Raline nggak seribet Riri Riza sekali klik langsung jadi deh fotonya walaupun blurrr :'(
3. Lukman Sardi, pemeran ikal dalam Laskar Pelangi ini memang sudah pasti dong harus di dokumentasikan, Lukman Sardi orangnya ramah, baik lagi.
4. Alex Komang, Beliau merupakan Ketua BPI (Badan Perfilman Indonesia) dan sontak saja aku sempat salah memanggil beliau, aku mengira beliau adalah Tio Pakusadewo eh ternyata salah Alex Komang, orangnya ramah sih.
Cuma ada 5 sih yang badia dokumentasikan yang kelima ya itu tadi si Fachri Albar, tapi masih banyak lho artis yang datang ke #AFI2014, ada Joko Anwar, Ari Sihasale, Wulan Guritno, Tio Pakusadewo, Eva Celia Latjuba, Jajang C. Noer, Marcella Zalianty, Olga Lydia, dan masih banyak lagi yang badia nggak tau namanya, dan yang paling cantik diantara semua Artis yang datang pada malam itu adalah Happy Salma, dia adalah Wajah Apresiasi Film Indonesia 2014, keanggunannya di malam itu meluluhkan hati setiap orang yang melihatnya, beliau berbusana berwarna hijau layaknya Nyi Roro Kidul, tapi cantik banget.
Ok sekarang mari kita tinggalkan Artis dan Aktor berserta kecantikan dan kegantengannya mari kita fokus ke puncak acara #AFI2014.
Karena hujan meja yang sudah ada kudapannya pun dipinggirkan
Karena hujan deras yang mengguyur kota medan malam itu maka konsep panggung pun berubah, awalnya disediakan meja berserta beberapa kudapan yang telah disediakan oleh panitia, namun karena hujan panitia pun menggeser meja dan makanannya dan hanya menyisakan kursi, sontak saja semua kursi yang disediakan ternyata basah semua !, Semua penonton yang hadir pada #AFI2014 malam itu menggunakan payung supaya terhindar dari hujan, kameran berkata "Payung-payung nya nutupin tuh" lalu beberapa kru menegur penonton yang menggunakan payung dan menyuruh untuk merendahkan lagi payungnya.
Sekilas bisa dibilang #AFI2014 di Medan tersebut acara Gatot (Gagal Total) penonton yang datang pun tidak ramai, bisa dibilang karena faktor hujan, namun kegagalan itu pun tertutupi berkat alur acara yang telah disiapkan secara apik dan rapi. Sekilas agak aneh kenapa #AFI2014 hanya di tayangkan di TVRI ? yang jadi pertanyaanya sekarang adalah apakah seluruh penduduk Indonesia masih punya channel TVRI dirumah mereka ?, namun 1 hal yang membuat badia salut dengan TVRI, semua kru yang bekerja di lapangan bekerja secara maksimal, sehingga statement Gatot (Gagal Total) tersebut pun tertutupi, belum lagi peralatan yang dimiliki TVRI juga bagus, dan pengambilan gambarnya juga bagus.
Payung ! Payung ! (Kameran teriak dari belakang)
Selain itu orkestra yang ditampilkan dalam #AFI2014 juga bagus dalam memainkan semua irama musik, namun ada beberapa artis yang miss dalam menyanyikan lagu, dan untungnya cuma 1 penyanyi saja yang miss membawakan lagu untuk mengenang Idris Sardi.
Untuk daftar pemenang #AFI2014 teman-teman bisa klik disini, mengenai pemenang badia cuma kenal sama satu pemenang saja beliau adalah adith dia seorang Sutradara film pendek berjudul "Sepatu Baru" dan dia berhasil menang, selamat ya adith.
Sukses ya Adit dengan "Sepatu Baru"
Walaupun tidak ada artis ataupun band yang besar ditampilkan di #AFI2014 namun acara #AFI2014 di Istana Maimun 13 September 2014 kemarin berjalan dengan baik dan berkesan meriah, berkat pemain Orkestra dan beberapa penyanyi yang ciamik membawakan musik diatas panggung, dan hmm hampir tidak ada iklan lho selama acara #AFI2014 atau mungkinkah di TVRI tidak ada iklannya ? hmm bisa jadi.
Sampai disini dulu ya postingan badia kali ini sampai ketemu di postingan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment