Thursday, October 30, 2014

Rumah Belajar Samsung di Tanjung Morawa

Hello pembaca setia blog badia, kali ini badia mau cerita tentang salah satu perusahaan elektronik terbesar di Korea yang membuaka Rumah Belajar lho !, yang lebih menggembirakannya lagi Rumah Belajar itu ternyata gak jauh banget dari rumah badia sendiri, yup Rumah Belajar itu terletak di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, yang hanya beberapa kilometer dari kota Lubuk Pakam tempat Badia tinggal.
Adalah PT Samsung Electronics Indonesia, sebagai perusahaan elektronik yang berada di urutan ke 7 Global Brand berdasarkan survey Interbrand, yang meresmikan Rumah Belajar Samsung di Tanjung Morawa pada tanggal 28 Oktober 2014 kemarin.
Namun Samsung juga bekerja sama dengan dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Pelayanan Sosial Anak Remaja (PSAR) Tanjung Morawa, dengan begitu sebanyak lebih dari 300 anak putus sekolah akan menerima manfaat dari Rumah Belajar Samsung (RBS) ini.
Sekedar informasi tambahan Pelayanan Sosial Anak Remaja (PSAR) Tanjung Morawa adalah salah satu pelayanan sosial yang didirikan dan dibawah naungan Dinas Sosial dan Kesejahteraan Provinsi Sumatra Utara yang merupakan tempat untuk membina anak-anak dan remaja yang mengalami putus sekolah akibat dari ketidakmampuan orangtua mereka dibidang ekonomi. Tujuan dibangunnya PSAR Tanjung Morawa yaitu untuk menghindari remaja dari berbagai masalah sosial sebagai akibat dari putus sekolah/terlantar yang mandiri dan berjiwa wirausaha serta mampu mengembangkan potensi dirinya dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Anak remaja putus sekolah dan terlantar yang berusia 15-21 tahun, berasal dari keluarga tidak mampu/yatim piatu, belum menikah dan tidak bekerja merupakan sasaran penerima manfaat dari PSAR ini. PSAR memberikan bimbingan sosial dan keterampilan bagi anak didiknya yang dilaksanakan selama 6 bulan agar mereka dapat melaksanakan fungsi sosialnya ditengah-tengah masyarakat setelah selesai pendidikan mereka.
Melalui kerja sama dengan Samsung di Tanjung Morawa, PSAR memberikan pilihan baru pelatihan keterampilan elektronik bagi anak didiknya, selain pilihan keterampilan yang sudah ada yaitu menjahit, bordir, salon, otomotif dan TI.
Suasana Kelas Rumah Belajar Samsung
Ada Ruang IT juga lho
Gak Ketinggalan Ruang Audio Visual juga disediakan
Beruntung banget Badia dan beberapa bloger dari Medan bisa hadir diacara pembukaan Rumah Belajar Samsung di Tanjung Morawa tanggal 28 Oktober 2014 itu, Badia juga bisa bertemu dengan beberapa blogger dari pulau jawa seperti mas +Harris Maulana+Mira Sahid, dan mbak +leonita julian, senang rasanya bisa menambah relasi dari pulau jawa, oh iya ternyata aku juga ketemu sama salah satu presenter yang sudah tua tapi tetap nge-hits dia adalah Mas @farhandeltafm, tingkahnya yang ceplas ceplos tapi fun menambah keakraban di antara kami para blogger.
Oh iya Badia hampir aja lupa nih ternyata Mas Farhan ini adalah Sekrearis Jendral Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), sekilas nih tentang YCAB adalah sebuah organisasi non-profit Indonesia yang berfokus pada pembangunan anak muda dan bertujuan untuk memungkinkan pemuda yang kurang mapu untuk mandiri melalui gaya hidup sehat, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang membantu remaja untuk memilih gaya hidup sehat termasuk hidup bebas narkoba, pacaran sehat, life-skills, kepemimpinan dan pendidikan untuk remaja putus sekolah melalui Rumah Belajar dan Rumah Keterampilan. Gak jauh beda ya seperti PSAR.
Foto Bareng Farhan
Bloger yang diundang ke acara #RBSamsung yang paling kece yang pakai baju warna merah
Nantinya di Rumah Belajar Samsung, materi yang dikembangkan adalah materi-materi pengajaran yang berhubungan dengan industri dimana Samsung mengembangkan inovasinya, seperti pelatihan telepon seluler, peralatan rumah tangga, audio visual, dan TI/komputer. Nantinya Samsung juga memberikan beasiswa bagi anak didik berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata 1.
Perlu teman-teman ketahui Target Peserta Rumah Belajar Samsung itu adalah anak usia 17-24 Tahun, Golongan ekonomi B, C dan D atau remaja putus sekolah. Sebelumnya Samsung juga sudah membuat Rumah Belajar Samsung di 2 Kota lain :
1. Rumah Belajar Samsung Duri Kepa, Jakarta Barat, diresmikan pada September 2012
2. Rumah Belajar Samsung Cikarang, Jawa Barat, diresmikan pada Desember 2011
3. Rumah Belajar Samsung Tanjung  Morawa, alamat Jl Industri No 47 Desa Tamora B, diresmikan pada 28 Oktober 2014.
Pada hari peresmian Rumah Belajar Samsung hadir pula Mr. Kang Hyun Lee, selaku Vice President Corp. Business and Corp. Affair dari PT. Samsung Electronics Indonesia, beliau percaya bahwa masa depan anak muda dibangun melalui pendidikan yang mereka dapatkan mulai sejak kecil.
Well acara peresmian Rumah Belajar Samsung #RBS di Medan berlangsung sangat meriah, semoga kedepannya teman-teman yang bisa masuk ke Rumah Belajar Samsung bisa menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Sampai disini dulu ya postingan Badia kali ini, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment