Friday, November 21, 2014

Review Film The Hunger Games Mockingjay Part 1

Helo pembaca setia blog badia, kali ini badia mau share review dari film The Hunger Games Mockingjay Part 1, seperti yang teman-teman ketahui The Hunger Games merupakan sebuah permainan yang mempertaruhkan nyawa, buat teman-teman yang sudah mengikuti film ini dari awal mungkin sudah tahu dong alur dan peraturan dalam permainan The Hunger Games.

Di akhir film The Hunger Games Catching Fire, teman-teman pasti tahu dong kalau endingnya gantung banget, kalau tidak salah diakhir film Catching Fire Katniss menghancurkan atap arena tempat permainan berlangsung dan tidak lama kemudian semua peserta jatuh kedalam air dan tada filmnya pun berakhir.
Di sekuel bagian pertama Mockingjay ini, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) melanjutkan perjuangannya untuk memberontak Presiden Capitol (Donald Sutherland) Katniss pun kini mendapatkan gelar Mockingjay yang diberikan oleh President Alma Coin (Julianne Moore) , namun entah kenapa Katniss selalu memikirkan teman seperjuangannya Peeta Mellark (Josh Hutcherson) yang kemudian diketahui telah ditangkap oleh President Snow. Katniss dan teman-teman dari distrik 13 bersatu untuk meruntuhkan Capitol, namun tetap saja kekuatan dan pertahanan Capitol sangat kuat, sehingga beberapa distrik yang ingin bergabung dengan Katniss langsung dihancur dan diluluhlantakan.
Tak sampai disitu saja President Alma Coin dan timnya berencana untuk menyelamatkan seluruh peserta yang ikut dalam turnamen The Quartel Quell, walaupun hampir gagal tapi misi itu berhasil dan akhirnya Katniss pun bertemu dengan teman seperjuangannya Peeta Mellark, namun Peeta sendiri berusaha untuk membunuh Katniss, dan yang paling mengejutkan tubuh Peeta semakin kurus dan dia dirancang untuk membunuh Katniss Everdeen.
Well itu dia sedikit alur dan mungkin bisa jadi spoiler dari film The Hunger Games Mockingjay Part 1, sejak Harry Potter and The Deadly Hallows memulai debutnya untuk membagi filmnya menjadi 2 bagian maka Twilight pun mulai mengikutinya, lalu disusul dengan The Hunger Games yang juga tak mau ketinggalan untuk membagi akhir filmnya menjadi 2 bagian, tapi setelah badia mengikuti dan menyimak film yang membagi akhir ceritanya menjadi 2 bagian hasilnya sangat tidak bagus terutama pada bagian alur cerita, mengingat film Twilight Breaking Dawn Part 1 yang terkesan sangat bertele-tele dalam menyampaikan alur ceritanya, dan kemudian pada Twilight Breaking Dawn Part 2 dengan ending cerita yang mendapat kritikan yang negatif dari pecinta film.
Beda dengan Harry Potter and The Deadly Hallows Part 1 dan Part 2 yang benar-benar menyajikan alur cerita yang lebih menarik dan menegangkan, walaupun pada Part 1 nya banyak terasa kaku dan hambar sih. Begitu pula dengan Mockingjay Part 1 sepertinya terlalu bertele-tele dan datar dalam menyajikan alur ceritanya, sepertinya Peter Craig dan Danny Strong ingin membuat durasi yang panjang supaya film ini bisa dibuat menjadi 2 bagian.
Dari sisi sinematografi kalau menurut badia sih biasa aja, nggak ada adegan yang terlalu istimewa di film ini, tapi nggak tahu ya dengan Part 2 nya nanti hehehehe, dari segi akting para pemerannya mereka memerankannya dengan sangat apik, namun Badia masih penasaran bagaimana peran yang diambil oleh Philip Seymour Hoffman dimana beliau memerankan Plutarch dan merupakan salah satu peran yang paling penting di film ini, katanya sih beliau belum menyelesaikan 2 scenes saja dalam adegan ini, tapi mari kita tunggu nanti di Part 2. Selain itu Badia juga kaget melihat Peeta yang semakin kurus, apakah itu efek CGI atau memang Josh Hutcherson yang memang menguruskan badanya, tapi kalau Badia liat dari filmnya sih sepertinya itu efek CGI.
Jadi Intinya The Hunger Games Mockingjay Part 1 itu merupakan film persiapan untuk menyambut kemeriahan dan puncak di film The Hunger Games Mockingjay Part 2, dan alurnya yang datar membuat film ini hampa, yang menarik dari film ini hanya bagian akhirnya saja ketika Katniss bertemu dengan Peeta, dan Mockingjay Part 1 juga bernasib sama seperti film-film yang dibagi menjadi 2 bagian salah satunya adalah Breaking Dawn Part 1.
Oleh karena itu badia memberi nilai (C+) buat film The Hunger Games Mockingjay Part 1, jadi mungkin buat teman-teman yang nggak mau menghabiskan uang untuk nonton film yang tidak berguna, kalian tunggu aja deh DVDnya rilis dari pada spend uang nonton dibioskop.
Sampai disini dulu ya postingan Badia kali ini, sampai ketemu dipostingan berikutnya.

2 comments:

  1. Philip Seymour Hoffman yg memerankan Plutarch sdh meninggal. kasusnya hampir sama kyak fast furious 7. mendadak peter parker meninggal sblm take gmbarny slesai. makanya dia dihilangkan di dua scene. :(

    ReplyDelete
  2. Sepertinya Anda penggemar Philip Seymour Hoffman ya ?, yang tabah ya sob !

    ReplyDelete