Thursday, November 19, 2015

Youtube Creator Day in Medan

Halo pembaca setia blog Badia, beberapa waktu yang lalu badia menghadiri acara Youtube Creator Day di kota Medan, jadi pada acara ini para peserta yang datang diajarkan dan diperkenalkan dengan tools-tools yang ada di Youtube !.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 9 November 2015 di Ballroom Hotel Aryaduta Medan, pendaftaran dilakukan 3 hari sebelumnya disebuah website yang telah disediakan oleh pihak Youtube, setelah melakukan proses pendaftaran belum tentu semua yang mendaftar bisa ikutan acara ini, karena pihak Youtube harus menyeleksi lagi kandidat para peserta yang bisa mengikuti acara ini, hal ini terjadi padaku, dihari minggu malamnya aku kaget ketika melihat status temanku di path yang mendapatkan email balasan dari tim Youtube untuk mengikuti kegiatan Youtube Creator Day di kota Medan, ketika aku tahu aku tidak dapat email notifikasi aku sedih sekali, aku galau, oke ini lebay nggak galau-galau amatlah, setelah tenang dan berpikir dengan jernih aku bilang pada temanku itu tolong nanti ketika sudah sampai disana lihat namaku ada terdaftar atau tidak di list mereka.
Dan ternyata ketika temanku sudah sampai disana dia melihat namaku memang sudah terdaftar di list panitia Youtube, segera aku cepat-cepat bergerak dari kantor untuk pergi ke Hotel Arya Duta Medan, dan untungnya jarak antara kantorku ke Hotel tersebut tidak jauh-jauh amat sekitar 10 menit sudah sampai.
Ekosistem di Youtube
Sesampainya di Ballroom Hotel Arya Duta aku berjumpa dengan temanku +Din Afriansyah dan +Zikri Fadhilah senang rasanya bisa berkumpul lagi bersama dengan mereka, dan sayangnya karena jumlah peserta yang banyak kami duduk secara terpisah.
Adalah Niken Sasmaya yang merupakan pembicara dan juga Strategic Partner Manager Youtube, dan beliau menjelaskan mengenai What, Why, How to be Youtube Partner, mbak Niken mengajak para peserta untuk tidak hanya menjadi penonton saja di Youtube tapi juga harus membuat konten di Youtube, kenapa harus membuat konten di Youtube ? memang apa keuntungan membuat konten video di Youtube ? nah ini dia yang ingin diperkenalkan oleh Mbak Niken yaitu Partnership Program intinya disini ketika teman-teman sudah mendaftar sebagai partner, teman-teman bisa mendapatkan iklan dari Youtube.
Mbak Niken
Namun perlu diingat konten video yang telah teman-teman upload harus original karya sendiri, tidak boleh copy paste dari sumber yang lain, begitu juga dengan audionya menurut mbak Niken jika dalam konten kamu terdengar sebuah lagu yang sudah dipatenkan, misalnya didalam video kamu terrekam sebuah lagu Adele - Someone Like You, maka secara otomatis konten video kamu itu belum original karya kamu sendiri, wah ternyata berat juga ya persyaratannya.
Namun sayangnya saya cuma bisa menghadiri satu sesi ini saja, dan harus kembali ke kantor dan melanjutkan pekerjaan, disesi pertama tersebut hanya dasar-dasar dari Youtube saja yang sebagian besar sudah saya ketahui yang dipaparkan oleh mbak Niken, dan yang lebih klimaksnya dipresentasikan pada sesi kedua.
Aku dan peserta lainnya di Youtube Creator Day
Tapi tidak apa-apalah hanya bisa hadir disesi pertama aja udah syukur apalagi saya bisa bertemu dengan rekan-rekan lama dan yang penting saya bisa menikmati cemilan yang sudah disediakan oleh pihak Youtube hehehehe selalu ya.
Oke deh sampai disini dulu postingan Badia kali ini, sampai bertemu dipostingan selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment