Tuesday, April 5, 2016

Jika Aku Tim Nusantara Sehat

Halo pembaca setia Blog Badia, dipostingan kali ini Badia mau berbagi sedikit informasi mengenai rencana Badia jika terpilih menjadi Tim Nusantara Sehat.
Belakangan ini Isue kesehatan menjadi hal yang paling banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia, baik itu mengenai fasilitas kesehatan seperti BPJS, Kartu Indonesia Sehat, biaya rumah sakit, biaya pengobatan dan sebagainya, mungkin beberapa hal yang sudah Badia sebutkan tadi hanya bisa dirasakan oleh Masyarakat yang berada di daerah kota saja, sedangkan untuk daerah yang terpencil atau daerah yang berada diperkampungan belum terlalu paham mengenai fasilitas kesehatan tersebut.
Sadar nggak sih kalau ternyata Kesehatan itu adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah, so that's why Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengajak generasi muda untuk berperan serta memperkuat kesehatan terutama didaerah terpencil melalui program penempatan tenaga kesehatan yang berbasis tim. Program ini diberinama Nusantara Sehat.
Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. 
Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan). 
Tujuan program ini dibuat menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi, Program ini merupakan program lintas unit utama di Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita.
Jadi Jika saya terpilih menjadi Tim Nusantara Sehat, saya akan mengajarkan kepada masyarakat disekitar saya akan pentingnya Kesehatan, karena seperti yang sudah Badia jelaskan diatas Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah.
Selain itu saya juga akan merubah pola hidup saya, yang biasanya suka makan fast food dan makan sembarangan dan lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung protein dan gizi yang lebih banyak.
Jika saya terpilih menjadi Tim Nusantara Sehat, saya akan melakukan bimbingan, penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat, dengan begitu masyarakat juga semakin peduli dengan kesehatan keluarganya sehingga tercipta masyarakat yang penuh dengan masa depan yang cerah.
Saya sadar dengan berbagai macam suku, dan budaya yang ada di Indonesia sehingga ada beberapa kesulitan yang akan saya hadapi ketika melakukan penyuluhan kepada masyarakat, namun saya tidak khawatir karena saya akan berkomunikasi secara komunikatif kepada masyarakat, saya akan berusaha mendekati masyarakat sehingga mereka sadar betul akan pentingnya kesehatan didalam keluarga mereka.
Besar sekali harapan saya untuk terjun langsung kelapangan dan melihat keadaan masyarakat yang ada di daerah terpencil di Tanah Air, sampai disini dulu postingan Badia kali ini, sampai ketemu dipostingan berikutnya. 

0 comments:

Post a Comment