Monday, March 6, 2017

Serba-Serbi Tentang Smartphone Android

Smartphone android adalah sebuah telepon genggam yang memiliki kemampuan dengan penggunaan serta fungsi yang menyerupai komputer. Android sendiri adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang khusus untuk smartphone maupun untuk komputer tablet. Awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc. yang didukung secara finansial oleh Google. Dalam perkembangannya kemudian, Google mengakuisisi Android pada tahun 2005. Android secara resmi dirilis pada tahun 2007 bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, sebuah konsorsium dari berbagai perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi. Tujuannya adalah untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.
Smartphone android pertama dijual pada bulan Oktober tahun 2008. Untuk beberapa orang, smartphone android merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi para pengembang aplikasi. Sedangkan untuk beberapa orang lainnya, smartphone android hanyalah ponsel cerdas yang menyajikan fitur-fitur canggih seperti surat elektronik, internet, kemampuan membaca buku elektronik dan lain sebagainya.
Pertumbuhan dan permintaan akan ponsel android semakin hari semakin meningkat. Oleh sebab itu sekarang ini para vendor telepon genggam berlomba-lomba untuk menyajikan perangkat android dengan berbagai macam kecanggihannya sendiri-sendiri. Kemajuan paling besar dapat dilihat dari peningkatan perangkat ponsel pemroses data, kapasitas memori, kemampuan layar serta sistem operasi android itu sendiri. Lantas apakah smartphone android memiliki kelemahan? Jawabannya adalah, Ya! Selain kelebihan tentu android juga mempunyai berbagai macam kelemahan. Oleh karena itu dalam artikel ini mari kita ulas bebagai hal mengenai HP Android.

Kelebihan Smartphone Android
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, smartphone android membawa sebuah perubahan besar di dalam perangkat komunikasi khususnya ponsel saat ini. Dibandingkan dengan ponsel konvensional biasa, smartphone saat ini sudah selayaknya sebuah komputer mini yang mampu melakukan apa saja. Akan tetapi hal tersebut bukanlah satu-satunya kelebihan yang dimiliki oleh smartphone android. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya seperti berikut ini.

Open Source
Sistem operasi Android adalah sistem operasi Open Source yang berbasis kernel Linux. Android memang sengaja dibuat seperti itu oleh penciptanya. Maka jangan heran jika diluar sana banyak sekali orang yang melakukan ataupun menawarkan custom ROM untuk masing-masing smartphone android.

Tampilan
Tampilan yang disajikan oleh Android tidak kalah bagusnya dengan tampilan dari iOS yang dimiliki oleh Apple. Hal ini dikarenakan memang sejak awal, android mengadopsi tampilan dari teknologi iOS, hanya saja android dapat dikatakan sebagai versi murahnya.

Notifikasi
Berbeda dengan ponsel konvensional biasa yang hanya bisa menerima notifikasi berupa telpon dan sms saja, pada smartphone android anda dapat menerima notifikasi dari surat elektronik atau e-mail, sms, voice dial, update, dan lain sebagainya.

User Friendly
Biasanya kalimat user friendly disematkan pada sistem operasi Windows milik Microsoft. Akan tetapi user friendly juga erat melekat pada android. Jika diibaratkan, seseorang akan dengan sangat mudah mengoperasikan ponsel pintar hanya dengan belajar beberapa hari atau bahkan beberapa jam saja.

Aplikasi
Untuk aplikasi, android menyajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik. Aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan gratis ataupun berbayar. Pengguna smartphone android dapat mengunduhnya di Google Play.

Kelebihan Lainnya
Tentunya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh android. Jika dijabarkan satu persatu tentu tidak akan cukup dalam 1000 kata. Hal yang pasti adalah fitur yang dimiliki oleh android dapat dikembangkan oleh siapa pun bahkan oleh anda sendiri selaku pengguna sesuai dengan apa yang anda inginkan, karena sistem operasi ini Open Source dan User Friendly.

Kelemahan Smartphone Android
Walaupun memiliki banyak sekali kelebihan, akan tetapi smartphone android masih memiliki beberapa kelemahan seperti berikut ini.

Selalu Terjadi Pembaruan Sistem
Pembaruan sistem atau update system sering kali terjadi pada android. Untuk melakukan update sistem tidaklah mudah. Anda harus menunggu dari masing-masing vendor untuk merilis update terbarunya. Selain itu juga terkadang update system yang tersedia tidak cocok dengan kemampuan hardware yang ada, alhasil smartphone menjadi lemot dan sering lag. Tentu hal ini sangat tidak menyenangkan.

Baterai Cepat Habis
Kelemahan lainnya adalah sering kali baterai smartphone cepat habis. Apalagi ketika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget yang berjalan secara berlebihan. Untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktifitas aplikasi pada smartphone anda. Karena kelemahan ini pulalah saat ini berbagai vendor ponsel pintar berlomba-lomba menghadirkan ponsel pintar dengan kapasitas baterai yang besar dan juga tahan lama.

Lemot Atau Lag
Sebenarnya untuk kelemahan satu ini sangat tergantung pada spesifikasi dari masing- masing perangkat. Namun seperti yang telah sedikit disinggung di atas tadi, ada kalanya android tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi karena RAM ataupun prosesornya kurang memadai, terlebih lagi setelah melakukan pembaruan sistem.

Perlukah Smartphone Android Menggunakan Antivirus?
Dikarenakan android merupakan salah satu sistem operasi Open Source, maka siapa pun dapat membuat aplikasi android dan menyelipkan virus atau malware didalamnya. Terdapat berbagai peringatan yang menyebutkan betapa berbahayanya virus atau malware pada android. Diantaranya adalah dapat membuat si peretas menyandera ponsel dari jarak jauh sehingga membuat data ponsel dicuri pihak tidak bertanggung jawab.
Sebagai solusinya, beberapa perusahaan menawarkan berbagai macam aplikasi antivirus. Masing-masing perusahaan mengklaim dirinya sebagai pihak paling jago mengamankan dan menebak keberadaan aplikasi jahat yang mengancam pengguna smartphone android. Akan tetapi perlukah smartphone android menggunakan antivirus? Ternyata jawabannya adalah Tidak!
Pola penyerangan malware pada android tidaklah sama seperti pada komputer, di mana malware dapat menyusup melalui situs internet yang dibuka dengan menggunakan browser yang tidak memiliki perlindungan. Pada android, pengguna harus memberi persetujuan terlebih dahulu pada notifikasi tertentu agar dapat memasang aplikasi yang bersumber bukan dari Google Playstore, barulah virus dapat menginfeksi android. Google Playstore sudah memiliki perlindungan berlapis untuk mencegah menyusupnya malware pada android. Oleh sebab itu, salah satu cara amannya adalah selalu mengunduh aplikasi dari Google Playstore

Berapa Harga Smartphone Android?
Ketika awal diluncurkan, smartphone android dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Akan tetapi seiring dengan perjalanan waktu, kini smartphone android memiliki harga yang cenderung lebih terjangkau, terlebih lagi Google sempat mengeluarkan Android One yang merupakan smartphone android dengan harga murah. Harga smartphone murah berbasis android kini semakin marak, hal tersebut sebagai akibat dari semakin ketatnya persaingan antar vendor ponsel pintar, terlebih lagi vendor asal Tiongkok.
Harga smartphone android yang beredar dipasaran saat ini dimulai dari harga ratusan ribu atau sekitar 500 ribu hingga lebih dari 10 juta rupiah. Harga yang bervariasi tersebut tentu disesuaikan dengan spesifikasi dan juga fitur-fitur yang dimiliki serta merek smartphone tersebut.
Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai smartphone android, dimulai dari sejarah singkat android, kelemahan dan kelebihan android, hingga harga smartphone tersebut. Semoga artikel ini dapat memberi tambahan wawasan mengenai berbagai macam serba-serbi smartphone android yang kini marak di pasaran. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment