Sunday, April 16, 2017

Fakta Untung Rugi Gunakan Jasa Agen Jual Rumah

Memanfaatkan jasa agen jual rumah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dan menjual rumah. Agen jual rumah atau broker merupakan perantara antara penjual dan pembeli dalam mewujudkan transaksi jual beli. Agen atau broker memiliki tugas untuk mempertemukan penjual dan pembeli hingga menyelesaikan transaksi jual beli properti diantara keduanya, seluruh keperluan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses transaksi akan disiapkan oleh agen atau broker. Hingga saat ini sudah banyak sekali jasa agen jual rumah atau agen properti yang menawarkan jasanya untuk membentu para penjual dan pembeli properti. Namun sampai saat ini pula masih banyak kekeliruan dan isu pro kontra di kalangan properti mengenai pembelian properti apakah harus menggunakan agen atau tidak.
Untung atau ruginya menggunakan agen jual rumah untuk membantu melancarkan proses transaksi sebenarnya tergantung dari kebutuhan dan kondisi kita pada saat menggunakan jasa tersebut. Sebagian orang mungkin menganggapnya sebagai keuntungan ketika beli rumah dijual di Bogor menggunakan jasa agen jual rumah, namun pada sebagian lainnya ada yang dirugikan ketika mereka menggunakan jasa agen jual rumah atau broker. Kenapa bisa demikian ? coba perhatikan beberapa keuntungan dan kerugian dari agen properti berikut ini untuk memahami detailnya.
Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Atau Broker

Efektif
Jaringan luas yang dimiliki oleh perusahaan agen jual rumah atau broker dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui informasi mengenai properti yang akan dijual atau dibeli. Pemasaran akan jauh lebih efektif karena jangkauan agen dan broker sudah luas dan lebih mengenai sasaran. Hal ini karena agen jual rumah dan broker umumnya sudah memiliki daftar calon pembeli dan calon rumah yang akan dijual sehingga pembeli dan penjual dapat dengan mudah dipertemukan. Selain itu kemajuan teknologi saat ini menjadikan agen properti semakin berkembang dengan baik, sebagian besar dari mereka memiliki situs web yang memilik database berbagai profil produk properti. Dengan cara ini rumah dijual di Bogor akan jauh lebih cepat laku dan pembeli dapat dengan  mudah menemukan rumah yang mereka inginkan.

Efisien
Pembeli dan penjual tidak lagi perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk menjual, memasarkan dan mencari propertinya. Saat proses jual beli rumah pun agen akan menyelesaikan segala administrasi yang diperlukan. Sehingga tidak akan memakan waktu yang lama. Selain itu pengurusan biaya administrasi dan appraisal pun akan ditanggung oleh agen jual rumah terlebih dahulu.

Paham Akan Harga Pasar
Harga jual rumah tidak akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasar pada umumnya. Agen jual rumah dan broker yang berpengalaman akan memiliki daftar listing properti atau rumah lengkap, dengan begitu agen jual rumah pun akan membantu kamu untuk mengetahui harga pasaran properti atau rumah yang sesuai dengan yang akan kamu jual atau beli.

Dijamin Legal
Broker atau agen jual rumah sudah memiliki pengalaman mengenai berbagai dokumen yang diperlukan untuk proses jual beli rumah dijual di Bogor. Sehingga pastinya mereka bisa menjami prosedur yang dilakukan merupakan legal seperti pengurusan sertifikat, keperluan balik nama, dan lainnya.
Kekurangan Menggunakan Jasa Agen Atau Broker

Adanya Biaya Jasa
Kita tentunya harus menghargai upaya dan kerja keras mereka untuk menyelesaikan proses jual beli rumah dengan cepat. Kita akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar biaya jasa yang mereka lakukan. Umumnya komisi yang diberikan sekitar 2 % hingga 3 % dari nilai properti yang dijual. Bagi beberapa konsumen tentunya biaya sebanyak itu sangat berarti sehingga mereka enggan untuk menggunakan jasa  agen jual rumah atau broker.

Profesionalitas Setiap Agen Berbeda
Setiap agen jual rumah atau broker memiliki profesionalitas dan kompetensi yang berbeda – beda. Hal inilah yang harus kamu perhatikan saat memilih agen dan broker.  Kamu bisa saja mendapatkan agen jual rumah yang malas sehingga rumah yang kamu jual tidak laku dengan cepat. Bahkan ada beberapa agen jual rumah nakal yang sengaja menyimpan calon penjual dan pembeli dengan harapan properti atau rumah dapat dijual dengan harga dan komisi yang lebih tinggi. Hal ini tentunya sudah melanggar etika dan dilarang oleh Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI).

Terikat Kesepakatan
Karena kita terikat dengan kesepakatan yang dibuat oleh agen, kita tidak bisa menjual bebas rumah dijual di Bogor kepada orang lain. Hal ini bisa menjadi hambatan bagi penjual yang membutuhkan dana cepat. 

Penjual dan pembeli rumah dijual di Bogor sebaiknya bila ingin menggunakan jasa agen jual rumah pastikan untuk mendapat rekomendasi dan saran dari orang terpercaya yang sudah menggunakan jasanya. Bila dilihat dari informasi diatas sebenarnya agen properti atau broker memiliki keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan kerugiannya. Meskipun begitu jangan lantas lupa diri dengan tidak berhati – hati pada saat memilih dan menentukan agen jual ruma. Baik pembeli ataupun penjual harus teliti memilih agen jual rumah yang professional dan kompeten.

0 comments:

Post a Comment