Wednesday, December 20, 2017

Ingin Buka Toko Online? Yuk Ikuti Tipsnya!

Seiring dengan berkembangnya teknologi, ada banyak orang yang mulai sulit mendapatkan pekerjaan. Hal ini salah satunya disebabkan karena banyak hal yang dapat dikerjakan oleh mesin sehingga perusahaan tidak perlu lagi memiliki banyak pekerja. Layanan komunikasi dan pelayanan juga kini semakin mudah dan semakin cepat dilakukan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan banyak hal. Pekerjaan yang dahulu perlu dikerjakan oleh 10 orang misalnya, kini dapat dilakukan oleh satu orang saja. Namun, teknologi tidak hanya berdampak negatif masyarakat. Teknologi juga dapat menjadi peluang besar bagi Anda yang kreatif. Jika tidak dapat memiliki pekerjaan yang baik, mengapa tidak menjadi bos untuk diri Anda sendiri dengan membuat usaha. Perkembangan teknologi kini mempermudah siapa saja yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Salah satu hal yang membuat para pengusaha pemula semakin mudah mengembangkan usahanya adalah dengan kemunculan internet. Kemunculan internet yang semakin berkembang seiring dengan berkembangnya waktu ini tidak hanya berdampak negatif saja, tetapi juga memiliki dampak yang sangat positif jika Anda menggunakannya dengan baik. Kini, kita dapat dengan mudah berbisnis degan siapa saja dimana saja melalui layanan internet. Membuka sebuah toko online kini lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan membuka toko konvensional. Nah, toko online ini yang dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis Anda. Ada banyak keunggulan yang dapat Anda miliki dengan membuka toko online yang akan sulit Anda dapatkan saat membuka toko konvensional. Adapun keunggulannya diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Modal rendah
Dibandingkan dengan membuka toko konvensional, membuka toko online akan memakan biaya yang jauh lebih murah. Hal ini karena kita tidak perlu menyewa atau membangun sebuah toko di suatu tempat. Kita hanya perlu membangun sebuah web atau dengan menjadi anggota dari situs dagang tertentu. Beberapa situs dagang menyediakan layanan gratis pendaftaran sehingga kita dapat berjualan di situs dagang tersebut dengan mudah. Jika Anda ingin memiliki web sendiri, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyewa web hosting yang tepat dengan harga yang dapat disesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

2. Jangkauan luas
Membuka usaha online memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan usaha konvensional. Usaha online dapat menjual banyak barang kepada siapa saja di belahan bumi mana pun yang ter-koneksi dengan internet. Jika produk Anda merupakan produk yang banyak dicari, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pembeli dari mana saja. Berbeda dengan toko konvensional yang memiliki range konsumen terbatas hanya dari sekitar tempat berjualan atau sesuai dengan seberapa besar kita menyebarkan iklan mengenai toko yang kita buka. Biaya yang dibutuhkan untuk menyebarkan iklan atau informasi mengenai toko konvensional yang kita miliki pun jauh lebih mahal dibandingkan biaya pengiklanan dan promosi secara online yang dapat kita lakukan bahkan tanpa biaya sama sekali.

3. Fleksibilitas tinggi
Membuka toko online akan lebih fleksibel dibandingkan dengan membuka toko konvensional. Kita dapat melakukan transaksi kapan saja dimana saja jika membuka toko online. Toko online Anda dapat buka 24 jam dan dapat Anda jadikan sebagai bisnis sampingan. Anda tetap dapat melakukan aktivitas lainnya dengan leluasa jika memiliki toko online.

Ada banyak keunggulan dan kemudahan yang Anda dapatkan dengan membuka toko online. Nah, jika Anda tertarik untuk membuka toko online, Anda harus tahu bagaimana tips membuka toko online yang sukses. Untuk membuka toko online yang sukses, ada berbagai tips yang dapat Anda ikuti. Adapun beberapa tips yang dapat Anda ikuti diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Penataan yang baik
Seperti halnya toko konvensional, toko online juga perlu ditata dengan baik. Hal ini akan membuat kesan toko online yang Anda miliki tidak hanya rapi tetapi juga terpercaya. Jika Anda memiliki website sendiri, buat kelompok-kelompok barang untuk memudahkan pembeli mencari dan melihat-lihat barang yang Anda jual. Pengelompokan dapat dilakukan berdasarkan jenis barang yang dijual, berdasarkan merek, berdasarkan kebaruan atau terakhir kali di upload, dan banyak hal lain yang menurut Anda sesuai dengan toko online milik Anda. Dengan melakukan penataan yang baik, pembeli tentunya akan mudah melihat-lihat barang yang Anda tawarkan. Toko Anda juga akan memiliki kesan rapi dan terpercaya dengan melakukan pengelompokan yang sesuai.

2. Membuat komunitas
Tips kedua adalah dengan membuat komunitas. Membuat komunitas dapat menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengunjung toko online milik kita. Komunitas dapat dibuat dengan cara online melalui banyak media sosial yang ada saat ini. Buat nama toko online yang menarik dan mudah diingat agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan toko online yang Anda miliki.

3. Memiliki internet banking
Internet banking sangat diperlukan untuk membuat toko online yang Anda miliki berjalan dengan baik. Hal ini karena toko online tentunya juga melakukan transaksi secara online. Jika Anda hanya mengandalkan atm, Anda tentunya akan kerepotan dalam mengetahui jumlah uang yang sudah dibayarkan dan sebagainya. Hal ini akan menghambat pelayanan Anda. Dengan internet banking, pelayanan Anda akan jauh lebih cepat sehingga pelanggan pun akan semakin puas dengan pelayanan Anda.

4. Selalu ramah dan siap melayani
Kunci utama dalam membuka sebuah usaha adalah memuliakan konsumen. Apapun jenis usaha Anda, konsumen adalah orang yang harus Anda hargai. Hal ini karena usaha kita tidak akan berjalan tanpa kehadiran konsumen. Memelihara konsumen dengan baik menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika ada seorang konsumen yang berkonsultasi atau menanyakan sesuatu, pastikan Anda melayaninya dengan rama. Hal ini menjadi salah satu hal yang akan membuat konsumen kerasan membeli di toko online yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pelanggan dengan lebih mudah.

5. Jujur
Jujur menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Tanpa jujur, pelanggan pun akan kecewa. Karena kita menjual secara online, pelanggan tidak dapat mengecek secara langsung seperti apa barang aslinya. Oleh karenanya, memberikan detail yang sesuai dan memasang foto asli produk menjadi hal yang harus dilakukan penjual untuk menghindari masalah dan komplain dari pelanggan di kemudian hari.

Nah, itu tadi keunggulan dan tips yang dapat Anda lakukan dalam membuak toko secara online. Masalah modal kadang menjadi penghambat kita tidak dapat membuka usaha sesuai dengan yang diinginkan. Ada alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan moda dengan cepat 2 diantaranya adalah dengan pinjaman tanpa agunan non bank dan kredit online tanpa kartu kredit. Cara ini termasuk cara yang cukup memudahkan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan modal usaha sesuai dengan yang diinginkan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis secara online, semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam membuka toko online dengan sukses. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment