Wednesday, February 14, 2018

3 Ciri Ciri Dari Seseorang Yang Bijak Dalam Perkataannya

Seringnya kita mendengar jika seseorang itu harus bisa bersikap bijak. Lalu apa arti dari bijak itu? bijak merupakan sebuah sikap yang selalu menggunakan akal budinya dalam berperilaku. Bersikap bijak ini biasanya diidentikan dengan sebuah sikap harus pandai memilih sebuah keputusan ketika sedang adanya masalah. Perlunya seseorang bersikap bijak itu adalah agar seseorang ini terhindar dari rasa sakit. Itu arti bijak jika dilihat dari sikap seseorang yang bijak.
Lalu jika bijak itu dilihat dari kata kata yang diucapkan oleh seseorang maka seseorang yang bagaimana yang bisa dikatakan bijak? Seseorang bisa dikatakan mempunyai kata bijak ketika seseorang ini pandai bercakap cakap atau pandai berbicara. Seseorang yang bijak dalam perkataanya itu akan menggunakan bahasa yang umum saat sedang berinteraksi atau menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang yang menjadi lawan bicaranya.
Lalu bagaimana ciri ciri dari seseorang yang bijak dalam perkataannya? 3 ciri ciri dari seseorang yang bijak dalam perkataannya diantaranya yaitu :

1. Seseorang Ini Akan Berkata Dengan Ramah Dan Tenang 
Salah satu ciri seseorang yang bijak dalam perkataannya adalah seseorang yang ketika sedang berbicara itu akan bersikap ramah kepada lawan bicaranya itu. Hal ini tentunya dilakukan seseorang ini agar lawan bicaranya itu merasa nyaman saat sedang berbicara dengannya. Ketika seseorang ini juga bersikap ramah saat sedang berinteraksi dengan orang lain maka ini akan bisa menyebabkan lawan bicaranya itu tidak canggung. Seseorang yang bijak dalam berkata juga biasanya akan bersikap tenang saat sedang berbicara dengan lawan bicaranya. 

2. Seseorang Ini Tidak Akan Terburu Buru 
Seseorang juga akan dikatakan bijak dalam berucap ketika seseorang ini tidak terburu buru saat sedang berbicara. Seseorang ini akan menyampaikan secara perlahan tentang apa yang ingin disampaikannya kepada oranglain. Sehingga orang lain yang sedang menjadi lawan bicaranya itu akan mudah mengerti dengan apa yang sedang dibicarakan seseorang yang bijak itu. Seseorang ini juga ingin agar apa yang disampaikannya itu efektif diterima oleh lawan bicaranya sehingga nantinya tidak akan terjadi pengulangan penyampaian pesan karena lawan bicaranya itu sudah mengerti dengan apa yang disampaikan seseorang dengan kata bijaknya itu.

3. Seseorang Ini Akan Tegas 
Seseorang juga bisa disebut sebagai seseorang dengan perkataannya yang bijak ketika seseorang ini mempunyai ketegasan didalam berbicara. Seseorang ini akan konsisten dalam perkataanya atau seseorang ini tidak akan merubah dengan apa yang telah dibicarakannya itu. Misalnya ketika seseorang ini berjanji kepada oranglain maka jika seseorang ini bijak maka tentunya seseorang ini akan menepatinya janjinya. Seseorang ini tidak akan mengingkari dengan sebuah kata yang telah terlontar dari mulutnya. 

0 comments:

Post a Comment