Wednesday, February 21, 2018

Smartphone Cepat Panas Saat Main Game? Begini Cara Mengatasinya

Sedang kecanduan Mobile Legends? Pastinya kamu pernah mengalami hp atau smartphone menjadi panas saat sedang asik-asiknya ngegame. Kalau sudah begitu, main game jadi tidak nyaman dan tangan terasa kebas. Dewasa ini, hp terutama jenis ponsel pintar memang telah menjadi media utama favorit banyak orang untuk memainkan game kesukaan. Ukurannya yang ringan dan kecil membuat smartphone lebih mudah dibawa ke mana pun serta diakses kapan pun dibandingkan laptop.
Nggak cuma itu, hampir semua aktivitas saat ini bisa dilakukan dalam satu genggaman dengan smartphone. Mulai dari main game, berbelanja online, bayar tagihan, nonton tayangan hiburan, baca berita, tukar informasi, dan lainnya. Nggak heran semua kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang kecanduan pada jenis gawai yang satu ini. Ditambah lagi, kredit hp tanpa kartu kredit melalui fasilitas kredit instan online seperti Kredivo juga sedang marak dan dapat menjadi salah satu cara yang terjangkau untuk membeli sebuah smartphone baru. 
Nggak peduli seberapa tangguh spesifikasi sebuah smartphone, penggunaan yang berlebihan berjam-jam tanpa henti tentu bisa menimbulkan kondisi panas yang cepat, terutama saat main game. Ini adalah gejala normal yang terjadi pada gawai dan pasti sudah sering dialami para gamer. Sesekali mungkin nggak masalah, tapi kalau terlalu sering, dapat dipastikan umur smartphone kamu nggak bakal lama.
Untuk mengatasi hal tersebut, bagi kamu yang hobi main game, tips berikut ini tentu akan berguna untuk kamu.

1. Pastikan spesifikasi hp sesuai dengan jenis game
Hp untuk gaming biasanya memiliki spesifikasi khusus yang sedikit berbeda dari smartphone kebanyakan. Mulai dari jenis chipset dan prosesor, kapasitas RAM dan GPU, hingga hardware, biasanya menggunakan jenis terbaru atau di atas rata-rata smartphone biasanya.
Maka, sebelum menginstall game ke dalam smartphone-mu, pelajari dulu detail game tersebut, terutama cocok atau tidaknya spesifikasi game dengan spesifikasi smartphone. Misalnya, game yang akan kamu download memiliki spesifikasi khusus untuk RAM 1 GB, sementara hp kamu juga memiliki RAM 1 GB, maka, sebaiknya kamu tidak memaksakan untuk menginstall game tersebut.  
Sebab, tanpa game tersebut saja, hp yang kamu punya sudah terbebani dengan beragam aplikasi yang ada, jika ditambah dengan game tersebut, jangan heran jika nanti hp menjadi lebih cepat dan sering panas. 
Untuk game, idealnya smartphone yang kamu punya minimal memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB atau lebih. Kalau smartphone kamu sekarang belum cukup, nggak usah khawatir, andalkan saja fasilitas kredit hp online tanpa kartu kredit via Kredivo. Tanpa perlu kuras tabungan dan tanpa dp, kamu sudah bisa mencicil sebuah smartphone khusus gaming seperti Sony Experia Z3 yang dibanderol Rp 7 jutaan. 
Kredivo menawarkan cicilan dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan, dengan bunga yang rendah, yaitu 2,95%. Jangan khawatir soal biaya tambahan. Selain nggak memerlukan DP, Kredivo juga nggak membebankan biaya tahunan, biaya admin, atau biaya apa pun. 

2. Gunakan charger asli dan isi daya sesuai kebutuhan
Sebisa mungkin, gunakan charger asli smartphone saat kamu mengisi ulang daya baterai. Hindari penggunaan charger replika dengan harga murah. Selain akan menurunkan kualitas baterai, smartphone dikhawatirkan akan mudah rusak karena charger tidak compatible
Sebaiknya, saat sedang mengisi ulang baterai, jangan dibarengi dengan bermain game. Sebab, saat mengisi baterai, aliran listrik sedang masuk ke dalam hp-mu. Ini bisa menjadi faktor mengapa hp cepat panas saat main game. Selain itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan seperti risiko korsleting listrik atau bahkan rusak dan meledak, sebaiknya gunakan hp saat sudah selesai dicharge. Tentunya jadi lebih aman. 
Yang merepotkan adalah ketika charger original rusak dan mau tidak mau terpaksa membeli charger murah untuk menggantikan sementara. Sebab, charger asli biasanya hanya dijual oleh official store dari vendor smartphone
Nah sebagai tips, bagi kamu yang baru berencana  kredit hp murah tanpa kartu kredit, kamu bisa memilih dan membeli hp yang telah memiliki official store online, misalnya Xiaomi. Xiaomi Official Store saat ini sudah tersedia di Shopee. Dengan begitu, ketika aksesoris hp rusak, terutama charger, kamu nggak perlu lagi repot-repot cari official store offline untuk beli yang asli. Cukup beli secara online di Shopee dengan menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran. 
Shopee termasuk salah satu dari 150 lebih merchant online yang telah bermitra dengan Kredivo. Lima lainnya yang populer antara lain Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id dan Bhinneka. Syarat dan cara kredit hp tanpa kartu kredit dengan Kredivo juga sangat mudah. Kalau kamu adalah WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Palembang, atau Medan, kamu sudah memenuhi kriteria untuk mendaftar akun Kredivo. Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. 

3. Usahakan berada di tempat bersuhu sejuk
Misalnya saja, di kamar dengan suhu AC 16 derajat atau di ruangan terbuka seperti taman dengan kondisi angin sepoi-sepoi. Sebab, smartphone merupakan perangkat yang sensitif pada suhu di sekitarnya. Secara tidak langsung, smartphone akan menyerap suhu di sekitar tempatnya berada. Ini dapat mengurangi atau memperlambat timbulnya panas pada smartphone saat kamu bermain game

4. Matikan semua notifikasi, aplikasi, dan jaringan internet
Kalau berencana main game dalam waktu lama, misalnya bertanding dengan teman atau mabar --main bareng-- matikan dulu semua notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang terinstall di hp-mu. Mulai dari aplikasi messenger seperti Whatsapp dan Line, hingga aplikasi media sosial seperti Facebook. Selain mengurangi gangguan saat main game, kinerja smartphone juga jadi tidak terlalu berat saat kamu nge-game.   
Bila game yang kamu mainkan berjenis offline, maka, matikan sambungan data internet di hp atau gunakan airplane mode. Selain menghemat kuota dan mengurangi panas pada hp, ini juga bisa mencegah munculnya aneka iklan pada pada aplikasi game.

5. Install aplikasi pendingin Android
Pengguna smartphone berbasis Android pastinya familiar dengan aplikasi Clean Master. Aplikasi ini memiliki fitur CPU Cooler yang berfungsi untuk mendinginkan perangkat ponsel. Ketika digunakan, secara otomatis fitur ini akan menyeleksi dan menghentikan berbagai aplikasi yang menjadi penyebab panasnya ponsel. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur Junk File Cleaning yang berfungsi membersihkan cache, fitur Anti Virus, dan juga Game Booster yang bisa meningkatkan kecepatan bermain games atau pun jalannya berbagai aplikasi hingga 30%.

0 comments:

Post a Comment